Bagaimana Seharusnya Mengajar Bahasa Indonesia

30 September 2009 at 05:51 (Tak Berkategori)

Selama ini pelajaran bahasa Indonesia kurang disukai oleh siswa. Ada anggapan bahwa pelajaran bahasa Indonesia pelajaran yang membosankan, materi selalu sama dari jenjang SMP sampai dengan jenjang SMA, pengajarannya selalu monoton. Oleh karena itu perlu ada kreativitas guru bahasa Indonesia untuk menghilangkan anggapan tersebut.

Menurut penulis ada beberapa hal yang harus dimiliki guru bahasa Indonesia agar pelajaran bahasa Indonesia terlepas dari anggapan di atas dan mampu menarik perhatian siswa antara lain

1. Guru bahasa Indonesia harus benar-benar menguasai kurikulum dan  silabus.

Penguasaan kurikulum dan silabus ini mutlak bagi guru bahasa Indonesia sebab tanpa penguasaan dua hal itu pengajaran bahasa Indonesia tidak terarah yang akhirnya guru bahasa Indonesia akan terkesan asal mengajar.

2. Guru bahasa Indonesia harus benar-benar menguasai metode dan teknik mengajar.

Penguasaan metode dan teknik mengajar ini akan lebih memudahkan guru bahasa Indonesia mencapai tujuan  dari      pembelajaran. Dalam proses pembelajaran ini guru harus benar-benar tepat memilih metode dan teknik yang sesuai dengan SK dan KD dalam KTSP.

3. Guru bahasa Indonesia harus menguasai materi dan materi yang disajikan selalu aktual dan faktual.

Penguasaan materi adalah hal yang mutlak bagi guru. Apabila seorang guru tidak menguasai materi, materi yang disampaikan kepada  siswa tentu tidak dapat diterima dengan baik.  Selain penguasaan materi, guru, khususnya guru bahasa Indonesia,harus menyajikan materi yang selalu aktual dan faktual sehingga siswa merasa mendapat sesuatu yang baru dari pembelajaran bahasa Indonesia.

4. Pembuatan alat evaluasi yang menarik dan menantang siswa.

Alat evaluasi yang menarik dan menantang siswa akan memotivasi siswa untuk belajar lebih tekun dan lebih jauh cakupan materinya.

5. Penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran.

Pembelajaran bahasa Indonesia selama ini selalu identik dengan di depan kelas dan konvensional. Pelaksanaan pemembelajaran di depan kelas dan  konvensional mungkin akan  membosankan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia akan mengubah stigma bahwa bahasa Indonesia sebuah pelajaran yang monoton, sulit berubah pola pengajarannya dan materi, dan yang pasti anak akan lebih menarik dan menyenangkan bila pembelajarannya menggunakan teknologi informasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: